Kamis, 31 Oktober 2013

Surat

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan, alat bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis, dan pedoman kerja.  Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.
Tata Bahasa dalam surat tergantung pada jenis surat yang ditulis. Pada surat resmi biasanya menggunakan tata bahasa yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), formal dan sopan. Sedangkan pada surat tidak resmi biasanya menggunakan tata bahasa sehari-hari, tidak formal dan sesuai bahasa yang biasanya mereka gunakan.
Jenis Surat
Surat secara umum digolongkan menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga apabila ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya.  Sedangkan apabila digolongkan berdasarkan  pemakaiannya dapat dibagi menjadi tiga yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.
Surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Surat dapat berupa korespondensi antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi yaitu
1.     Tidak menggunakan kop surat.
2.     Tidak ada nomor surat.
3.     Salam pembuka dan penutup bervariasi.
4.     Penggunaan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis.
5.     Format surat bebas.
Surat Resmi
Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi, misalnya undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan. Ciri-ciri surat resmi :
1.     Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi.
2.     Ada nomor surat, lampiran, dan perihal.
3.     Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim.
4.     Penggunaan ragam bahasa resmi.
5.     Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi.
6.     Ada aturan format baku.
Bagian-bagian surat resmi:
·         Kepala/kop surat
Kop surat terdiri dari:
1.     Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar.
2.     Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil.
3.     Logo instansi/lembaga.
·         Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan.
·         Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat.
·         Hal, berupa garis besar isi surat.
·         Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat).
·         Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada).
·         Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma).
·         Isi surat
Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan.
·         Penutup surat
Penutup surat, berisi
1.     salam penutup
2.     jabatan
3.     tanda tangan
4.     nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
·         Tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan.
Surat Niaga
Surat niaga digunakan bagi badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga seperti industri dan usaha jasa. Surat ini sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pihak luar sehingga harus disusun dengan baik. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan; dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal.  Salah satu contoh dari surat niaga adalan surat penawaran dan surat penagihan.
Surat Dinas
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal seperti instansi dinas dan tugas kantor. Surat ini penting dalam pengelolaan administrasi dalam suatu instansi. Fungsi dari surat dinas yaitu sebagai dokumen bukti tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti sejarah atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. Ciri-ciri surat dinas :
1.     Menggunakan kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan.
2.     Menggunakan nomor surat, lampiran, dan perihal.
3.     Menggunakan salam pembuka dan penutup yang baku.
4.     Menggunakan bahasa baku atau ragam resmi.
5.     Menggunakan cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat.
6.     Format surat tertentu.
Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini :
·         Tempat dan tanggal pembuatan surat
·         Nomor surat
·         Lampiran
·         Hal atau perihal
·         Alamat tujuan
·         Salam pembuka
·         Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
1.     paragraf pembuka
2.     isi surat
3.     paragraf penutup
·         Salam penutup
·         Tanda tangan dan nama terang
Surat Elektronik
Artikel utama: Surat Elektronik
Dengan berkembangnya teknologi, surat pun semakin mengalami pembaharuan, misalnya dengan adanya surat elektronik. Surat elektronik atau surel merupakan surat yang pengirimannya berbasis pada penggunaan internet. Pada awalnya, perusahaan bernama Olt Break and Newman dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membuat ARPANET pada 1969. ARPANET ini singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang bertujuan untuk meciptakan metode komunikasi antara intitusi pendidikan dengan militer.
Pada tahun 1971, Ray Tolimson bertugas dalam proyek SNDMSG yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dalam mesin yang sama. Ray awalnya bereksperimen dengan SNDMSG untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga muncul lah protokolCYPNET yang mampu mengirimkan pesan ke komputer lain yang masih berada dalam jaringan ARPANET. Ini lah yang menjadi cikal bakal surat elektronik.
Dalam Bahasa Indonesia Surat Elektronik sering disingkat dengan kata surel, yang dalam bahasa inggrisnya adalah email.
Untuk mengakses surel, kita bisa memilih salah satu cara. Pertama dengan menggunakan browser seperti Internet Explorer atauMozilla Firefox. Surel dengan basis browser biasanya menyediakan layanan tersebut secara gratis. Kedua dengan program pengakses surel seperti Microsoft Outlook. Keuntungannya kita tidak harus selalu membuka internet untuk membuka surel yang ada.
Contoh jenis-jenis surat :
1. Surat Pribadi
2. Surat Resmi
  •   Surat Niaga
  •     Surat Dinas 
  •   Surat Lamaran Pekerjaan




















21 komentar:

  1. Nama : Mir'atun Nisa
    NIM : A1C413007
    Prodi : Pend. Fisika
    Kelas : A

    Bolehkah surat lamaran pekerjaan itu diketik?
    Sewaktu saya di MAN diajarkan bahwa surat lamaran pekerjaan harus ditulis tangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Meyrika Maharani
      NIM: A1C413031
      Kelas: A
      Kelompok: 5(surat)

      Menurut saya, itu tergantung pada aturan dari instansi yang ingin dilamar. Apabila instansi tersebut meminta untuk ditulis tangan maka surat lamaran pekerjaan harus ditulis tangan, sedangkan apabila instansi tersebut meminta untuk diketik maka harus diketik.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Ni'mah Haryati
    Nim : A1C413225
    Kelompok keterampilan menulis

    Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.

    Apa yang dimaksud dari pernyataan tersebut ? Jelaskan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Meyrika Maharani
      NIM: A1C413031
      Kelas: A
      Kelompok: Surat

      Dengan menempelkan perangko pada sepucuk surat berarti biaya pengiriman surat tersebut telah dilunasi oleh pengirim surat, dan sebagai imbalannya pos berkewajiban menyampaikan surat tersebut kepada alamat di tempat tujuan surat. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga, karena semakin jauh tujuan surat biaya pengiriman pun semakin besar.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : Artoni Yahya
    NIM : A1C413017
    Kelas A
    Keompok 2 ( keterampilan berbicara )
    1. Dari arikel di atas tidak disebutkan surat dalam bentuk Fax,termasukmanakah jenis surat ini, dan apakah hal yang harus diperhatikan dalam membuat Fax?
    Dan apakah fungsi dari Fax tersebut, jelaskan!

    2. Apakah fungsi dari surat elektronik dan hal apa saja yang harus di perhatikan dalam menbuat surat elektronik,jelaskan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Firda Aulia
      NIM :A1C413211
      Kelas : IA
      Kelompok 5 (surat)

      1.Mohon maaf sebelumnya jika artikel kami memiliki kekurangan. Faksimile atau biasa dikenal dengan faks, berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.
      Sedangkan Menurut A.G. Pringgodigdo, mesin faks adalah sistem transmisi tanpa kawat untuk gambar-gambar dan grafik-grafik dengan cara mengatur sinar cahaya dan foto elektrik sel serta mengubah bagian gelap dan terang dari suatu bahan sehingga dapat dipancarkan dalam suara, lalu pesawat penerima akan mengubahnya kembali seperti aslinya kepada kertas yang telah diolah secara ilmiah. Selain mengirimkan dokumen, mesin faks juga mampu menghantarkan citra foto dengan fasilitas half tone. Mesin faks biasanya terdiri dari modem, mesin fotokopi, alat pemindai gambar, dan alat pencetak data (printer).
      Yang harus diperhatikan dalam membuat fax yaitu :
      a. Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk gelap dan “1” untuk terang. Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.
      b. Kertas faks dalam mencetak dokumen melalui mesin faks, digunakan kertas khusus yaitu thermal paper yang peka panas (heat-sensitive thermal). Thermal Paper adalah kertas yang dipenuhi dengan bahan kimiawi yang akan berubah warna ketika dipanaskan. Kertas ini biasa digunakan pada pencetak termal. Permukaan thermal paper dilapisi campuran bahan pewarna yang padat dan kandungan yang sesuai, seperti fluoran leuco dye dan octadecylphosphonic acids. Thermal paper mengandung konsentrat Bisphenol A yang cukup tinggi, yaitu bahan pemecah endokrin.
      Untuk tindakan pencegahan, dalam dunia bisnis, kertas termal mesin faks tidak dapat diakui sebagai bukti nyata dalam hukum undang-undang, kecuali jika telah disalin terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena tinta yang digunakan pada kertas faks mudah luntur, terutama jika disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu, kertas tersebut juga mudah tergulung dan gambar atau tulisan rentan pudar jika terkena sinar matahari.

      Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos. Namun kekurangan mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.

      Penjelasan di atas sudah mencakup fungsi dan fax merupakan jenis surat dirinya sendiri berbeda dengan surat elektronik atau email.

      Hapus
    2. 2. Fungsi surat elektronik adalah sama saja dengan fungsi surat lainnya sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain hanya saja surat elektronik sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan internet.
      Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
      Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
      Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
      Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
      Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
      dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
      dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
      Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
      Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

      Hapus
  6. Nama: Purnama Sari Wahyuni
    NIM: A1C413035
    Kelompok: 2 (Keterampilan berbicara)

    Saya pernah melihat dalam beberapa penulisan surat, biasanya tanggal surat dituliskan di bagian kiri atas surat dan ada juga yang di bagian kanan atas surat. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah ada maksud tertentu dari perbedaan antara kedua penulisan tersebut? Jelaskan!
    2. Menurut kalian, di manakah letak penulisan tanggal yang tepat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Firda Aulia
      NIM : A1C413211
      Kelas : IA
      Kelompok : 5 (surat)

      1. Tentu ada maksud dari penulisan tanggal surat di bagian kiri maupun kanan tergantung pada jenis suratnya. Cara penulisan tangal pada surat niaga, biasanya selalu ditulis diatas, apakah itu sebelah kiri ataupun sebelah kanan, tergantung dari bentuk surat masing-masing, bila ada kantor cabang ditulis dengan nama kota.

      2. Pada surat dinas pemerintah atau dinas swasta cara penulisan tanggal dapat dibagi :

      a. Diatas tidak perlu mencantumkan nama kota bila memakai kop surat.

      b. Dibawah sebelum nama jabatan dan ditulis lengkap dengan nama kotanya dibawah kanan.

      Sesuai dengan penjelasan diatas letak penulisan tanggal yang tepat tergantung jenisnya.

      Hapus
  7. Nama: Siti Munawaroh
    NIM: A1C413005
    Kelompok 2 (keterampilan berbicara)

    Dalam menulis alamat tujuan pada surat resmi ada yang menggunakan Kepada,Yth,dan Kepada Yth. Dari ketiga jenis alamat tujuan yang saya tuliskan,manakah alamat tujuan yang benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Hasiarni Fahrunnisa
      NIM : A1C413209
      Kelompok 2 (keterampilan berbicara)

      Menurut saya penulisan alamat tujuan yang benar adalah untuk menyatakan yang terhormat pada awal nama penerima surat cukup ditulis Yth. Dengan huruf awal huruf kapital disertai dengan tanda titik. Penggunaan kata kepada sebelum nama diri tidak diperlukan karenakepada merupakan kata penghubung antar bagian kalimat yang menyatakan arah. Alamat pengirim juga tidak perlu memakai kata dari yang menyatakan asal.

      Hapus
  8. Nama: FEBRIANTI
    NIM: A1C413053
    Kelas: A
    Kelompok 2 ( keterampilan berbicara )

    Pada artikel di atas dinyatakan bahwa surat niaga terbagi menjadi dua yaitu, surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Apa yang dimaksud surat niaga internal dan eksternal? serta berikan contohnya!

    BalasHapus
  9. Nama : Ayu Rusmala D
    Nim : A1C413201
    Kelas A kelompok 4
    Ciri-ciri surat resmi diantaranya menggunakan aturan format yang baku, seperti apa aturan format baku pada surat resmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud aturan format yang baku adalah sesuai dengan EYD, dan disusun berdasarkan tata cara penulisan surat resmi yang telah kami sebutkan di artikel.

      Hapus
  10. Nama : Putri Anggraini
    Nim : A1C411055

    Termasuk jenis surat apakah surat kuasa? Bagaimana cara penulisan surat kuasa yang benar? Tolong jelaskan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama: Meyrika Maharani
      NIM: A1C413031

      surat kuasa merupakan jenis surat resmi, dalam penulisannya harus memperhatikan hal-hal berikut :

      1. Pada bagian atas surat tulislah judul yaitu Surat Kuasa
      2. Cantumkan pihak–pihak yang terlibat dalam pengalihan kuasa. Pertama tulis biodata singkat pemberi kuasa kemudian tulis biodata singkat penerima kuasa.
      3. Tulis Perihal surat kuasa dimaksud misalnya untuk pengambilan gaji atau pensiun, pengambilan cek, pengambilan barang dan lain-lain.
      4. Penutup surat.
      5. Tanggal dan tempat pembuatan surat kuasa.
      6. Tanda tangan dan nama terang pemberi kuasa dan penerima kuasa.
      7. Untuk menguatkan surat kuasa dapat dibubuhi materai seperlunya.

      Hapus
  11. Nama : Muhammad Syahrirani
    NIM : A1C413059
    Kelompok : 3 Membaca Fisika Kelas A

    Pada zaman sekarang, teknologi sudah semakin maju. Menurut kelompok anda, bolehkah jika surat fisik (kertas) yang biasa digunakan dalam instansi-instansi pemerintahan digantikan fungsinya oleh surat elektronik seperti e-mail. Karena kita tahu bahwa penggunaan kertas memberikan kontribusi yang besar terhadap penebangan pohon?

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama: Meyrika Maharani
      NIM: A1C413031

      menurut saya pribadi itu boleh-boleh saja, karena baik melalui surat kertas maupun surat email tujuannya sama, yaitu memberitahukan sesuatu.Tapi jangan benar-benar dihilangkan budaya menulis surat, karena itu adalah salah satu ketrampilan dalam bahasa indonesia yang cukup bersejarah

      Hapus